Roma, OFM – Pada tanggal 17 Desember 2023, saudara-saudara dari dua Konferensi Asia (South Asia, Australia & Oceania Conference-SAAOC dan East Asian Conference-EAC), yang sedang melayani dan belajar di Roma, Italia mengadakan pertemuan persaudaraan di Aula Santa Clara dan merayakan Natal bersama di Kuria General OFM. Pertemuan ini diselenggarakan oleh Saudara-saudara Asia yang bertugas di Kuria: Sdr. John Wong, OFM, Definitor General Konferensi Asia, Sdr. Hieronimus Yoseph Dei Rupa, OFM, Wakil Sekretaris Formasi dan Studi, Sdr. Dennis Tayo, OFM, Wakil Sekretaris Misi dan Evangelisasi, Sdr. Taucen Hotlan Girsang, OFM, Wakil Direktur KPKC, Sdr. Baptis D’Souza, OFM, Wakil Direktur Office of Development, dan Sdr. Alvin Artemio Paras, OFM, Wakil Sekretaris General. Momen persaudaraan ini juga dihadiri oleh Minister General, Sdr. Massimo Fusarelli, OFM, Vikaris General, Sdr. Ignacio Ceja Jiménez, OFM, dan Gardian Kuria, Sdr. Maciej Olszewski, OFM.

Pertemuan persaudaraan ini dibagi dalam tiga bagian: pada bagian pertama, ucapan selamat Natal dan informasi mengenai kerja sama antar-kedua konferensi; kemudian setiap sekretariat di kuria mendeskripsikan proyek kerja sama antara dua konferensi; dan akhirnya, pada bagian terakhir, makan malam bersama yang ditutup dengan sambutan Minister General.

Dalam sambutannya pada awal pertemuan, setelah doa di depan kandang natal dan ucapan selamat datang dari Gardian Kuria, Sdr. Ignacio, OFM menegaskan kembali bahwa inkarnasi adalah akar hidup Persaudaraan Fransiskan kita. Ia menambahkan bahwa kita memerlukan kerja sama yang kokoh dalam Persaudaraan antarentitas dan kerja sama tersebut perlu didasarkan atas kasih persaudaraan. Tantangan yang dialami Ordo adalah persoalan provinsialisme di mana para saudara cenderung berada pada comfort zone. Menghadapi godaan tersebut, beliau mengajak para Saudara untuk membuka diri terhadap Persaudaraan (komunitas) internasional. Selanjutnya, Sdr. John Wong, OFM mengindikasikan bentuk-bentuk kolaborasi antara dua konferensi yang sedang dan akan dilaksanakan, khususnya pembinaan para formator sebagai ancar-ancar Pusat Studi Fransiskan di Asia, misi di Papua Nugini dan Thailand, serta tentang imigran. Selain itu, ia mengundang para peserta untuk berbagi pemikiran dan ide tentang bagaimana membangun kerja sama yang efektif bagi dua konferensi di Asia.

Setelah itu, Sdr. Dennis, OFM menjelaskan beberapa proyek misi di Asia, khususnya di Papua Nugini. Untuk mempertahankan misi ini dan misi-misi lainnya, diperlukan kerja sama antara Sekretariat Misi dan Penginjilan dan Sekretariat Formasi dan Studi di setiap entitas dan antarkonferensi dalam mempersiapkan para saudara yang akan bermisi. Sdr. Hieronimus, OFM menjelaskan proyek formasi bagi para formator Asia yang direncanakan akan dimulai pada pertengahan tahun 2024. Formasi untuk para formator akan diselenggarakan terutama secara daring melalui Zoom, tetapi akan dimulai dan diakhiri dengan program kehadiran selama dua pekan di Olas, Filipina. Kemudian, Sdr. Taucen, OFM melaporkan rencana untuk membangun Jaringan Perdamaian Asia yang akan dimulai pada tahun 2024. Terakhir, Sdr. Baptis, OFM menjelaskan tentang Office of Development, yaitu “kantor” baru yang mengurus proyek-proyek Ordo dan secara khusus, proses permohonan serta pembaruan beasiswa.

Terkait perayaan Natal, Minister General, Sdr. Massimo, OFM, mengajak para saudara untuk mengenang kembali delapan ratus (800) tahun Peristiwa Natal di Greccio dan Anggaran Dasar dengan Bulla (AngBul). Sebagaimana Santo Fransiskus pergi ke Greccio untuk memperoleh damai dengan bertemu Tuhan dalam peristiwa Natal, Minister General berharap agar semua saudara mengalami Natal sebagai perjumpaan personal dan bersama dengan Yesus, sumber damai. Anggaran Dasar dengan Bulla perlu dimaknai sebagai upaya mewujudkan kasih yang terwujud dalam inkarnasi.

Makan malam Natal menjadi kesempatan bagi para saudara untuk saling bertukar ucapan selamat dan hadiah Natal. Sukacita pertemuan persaudaraan dan Natal bersama diakhiri dengan bernyanyi dan menari bersama.

Kontributor: Sdr. Hieronimus Yoseph Dei Rupa, OFM

Ed.: Sdr. Vincent, OFM

Tinggalkan Komentar