“Saudara sekalian”:  Judul Ensiklik Baru Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus akan menandatangani ensiklik baru setelah misa yang akan diselenggarakan di Basilika St. Fransiskus Assisi pada 3 Oktober. Di tengah situasi pandemi, seremoni peresmian ensiklik tersebut akan diselenggarakan tanpa kehadiran umat beriman.

Sebagaimana dilansir dari Vatikan News, Paus Fransiskus akan mengunjungi kota Assisi pada 3 Oktober mendatang dengan agenda menandatangani ensiklik baru. Dalam pernyataan resmi yang dirilis pada Sabtu (05/09/2020), Direktur Kantor Pers Takhta Suci, Matteo Bruni, mengatakan ensiklik baru tersebut berjudul Fratelli tutti atau “Saudara Sekalian” (All Brothers) yang akan membahas tentang persaudaraan dan persahabatan sosial.

Judul ensiklik baru tersebut merujuk pada petuah St. Fransiskus Assisi pasal VI, “Marilah, saudara sekalian, kita memandang Gembala Baik yang telah menanggung sengsara salib untuk menyelamatkan domba-domba-Nya” (Petuah 6). Rencananya, Paus Fransiskus akan tiba pada sore hari di Assisi dan merayakan misa di Makam St. Fransiskus Assisi di dalam basilica St. Fransiskus. Setelah itu akan dilanjutkan dengan penandatanganan ensiklik tersebut. Bagi para Fransiskan, tanggal 3 Oktober diperingati sebagai hari wafatnya St. Fransiskus Assisi.  Kunjungan tersebut merupakan kunjungan tertutup tanpa kehadiran umat.

Dalam pernyataannya, Uskup Assisi, Domenico Sorrentino, mengatakan bahwa kota Assisi menantikan kedatangan Bapa Suci dengan penuh “rasa syukur”. Menurutnya, di tengah situasi pandemi yang mendatangkan kesulitan dan penderitaan banyak orang, ensiklik ini memberi keberanian baru kepada segenap umat beriman untuk kembali merajut hidup dalam semangat persaudaraan penuh cinta kasih.

Judul ensiklik baru Paus Fransiskus secara sekilas menampakkan kembali tema sentral ajarannya. Dalam sambutannya ketika terpilih menjadi Paus pada tanggal 13 Maret 2013, Jorge Mario Bergoglio—nama asli Paus Fransiskus—menyapa seluruh warga dunia dengan sebutan “saudara”.

Gagasan mengenai persaudaraan juga tampak pada perhatiannya terhadap para pengungsi, sebagaimana dalam kunjungan pastoralnya ke Lampedusa. Peresmian Dokumen tentang Persaudaraan Universal di Abu Dhabi pada tahun 2019 lalu menjadi contoh lain dedikasi Paus Fransiskus dalam mengupayakan kasih persaudaraan.

Sdr. Haward, OFM

Disadur dari https://www.vaticannews.va/en/pope/news/2020-09/all-brothers-pope-francis-to-sign-new-encyclical-on-oct-3-in-a.html

 

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *