Pertemuan Akbar FORKASI secara Virtual

Para saudara muda OFM dalam Pertemuan Akbar Forkasi yang diadakan secara virtual

Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung mereda mengharuskan berbagai pihak untuk membatasi diri dari perjumpaan fisik. Demi terhindar dari kejadian menyakitkan yang tidak diinginkan, ide “say no to meet physically” diberlakukan dalam tataran praksis. Begitu pun yang terjadi pada para Saudara Muda OFM Provinsi St. Mikhael Malaikat Agung Indonesia yang mesti melaksanakan pertemuan akbarnya melalui ruang virtual dengan memanfaatkan aplikasi elektronik Zoom. Pertemuan akbar yang biasanya diadakan dalam teritori fisik, yakni di Novisiat Transitus Depok, diganti secara virtual.

Pertemuan akbar FORKASI (Forum Komunikasi Saudara-saudara Muda) ini berlangsung dari 4-8 Januari 2021. Acara dibuka dengan kata sambutan oleh Sdr. Oki Dwihatmanto, OFM. Tema yang diangkat ialah “Basodara tanpa Tatap Muka” yang terinspirasi dari nilai dan semangat Persaudaraan Fransiskan. Penanggung jawab dari acara ini adalah para Saudara Muda sendiri yang menetap di 5 Komunitas Pembinaan, yakni Komunitas Fransiskus Assisi (Kramat, Jakarta Pusat), Komunitas St. Antonius Padua (Cempaka Putih, Jakarta Pusat), Komunitas Duns Scotus (Kampung Ambon, Jakarta Timur), Komunitas Novisiat Transitus (Depok, Jawa Barat), dan Komunitas Bonaventura (Papringan, Jogjakarta).

Adapun beberapa mata acara inti dalam pertemuan akbar FORKASI ini ialah rekoleksi dengan tema “Persaudaraan Injili Fransiskan” yang dibawakan oleh Sdr. Rikardus Selan, OFM, sharing pengalaman pastoral dari 6 Saudara Muda pasca TOP (Tahun Orientasi Pastoral) periode 2019/2020, aneka perlombaan: video, TikTok, dan poster, dan visitasi virtual Provinsial, Sdr. Mikhael Peruhe, OFM. Acara ini ditutup pada Jumat, 8 Januari 2021 dengan mata acara: pengumuman hasil juara perlombaan.

Oleh: Sdr. Epang Danggur, OFM

Post navigation

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *